Sekertaris Jendral PDI Perjuangan Pembangunan IKN harus Indosentris

Hasto Kristanto Sek Jen PDI Perjuangan mengatakan bahwa Pembanguan Ibu Kota Negara (IKN) harus mencerminkan Nusantara bukan hanya modern

IKN ( IBU KOTA NEGARA )
Sek Jen PDI Perjuangan Hasto Kristanto . Pembangunan Ibu Kota Nrgara ( IKN ) harus Indonesia Sentris

Jakarta :Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengedepankan konsep Indonesiasentris.

Hal ini sebagaimana cita-cita Presiden pertama RI Soekarno yang ingin menempatkan Kalimantan sebagai pusat pemerintahan.

“Konsepsinya Ibu Kota Negara baru ini merupakan penjabaran dari Indonesiasentris dan secara historis apa yang dilakukan Bung Karno pada tahun 60 sudah menempatkan Kalimantan itu sebagai koridor strategis guna menatap masa depan dunia yang berada di Pasifik,” kata Hasto, dalam webinar bertemakan Sharing Session tentang IKN Baru Indonesia, Jumat (18/2/2022).

Sekertaris Jendral PDIP Hasto Kristanto

Hasto menjelaskan, Kalimantan sebagai IKN sudah sebagai konsekuensi geopolitik Indonesia. “Mengingat di depan Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur itu terbentang suatu kawasan perdagangan strategis dari Selat Lombok hingga ke Selat Makassar,” ujarnya.
Karena itu, lanjut Hasto, pembangunan IKN sebenarnya mencerminkan geopolitik dari Soekarno yang menginginkan suatu kepemimpinan Indonesia yang bebas dari penjajahan. “Kemudian semangat dunia baru yang demokratis yang mengedepankan eksistensi damai,” tambah dia.

Mahasiswa Doktoral Universitas Pertahanan ini juga berharap, desain IKN Baru harus mencerminkan keseimbangan. Bukan hanya modern, tapi harus sesuai kultur dan budaya Indonesia.

#PDIPerjuangan
#bangunlahjiwadanbadannya
#49TahunPDI Perjuangan

  • Penulis : Niniek Henny Dyah ES
  • Sumber Berita : IG Sekjen PDI Perjuangan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Articles

Back to top button