Ganjar unggul di survey SMRC terbaru

SMRC 8-10 Februati 2022 Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan jika pemilihan presiden diadakan ketika survei dilakukan, Ganjar Pranowo unggul atas calon-calon presiden lainnya di kelompok pemilih kritis.

Ganjar juara dalam Survey SMRC 8-10 Februati 2022

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan jika pemilihan presiden diadakan ketika survei dilakukan, Ganjar Pranowo unggul atas calon-calon presiden lainnya di kelompok pemilih kritis.

Untuk mempelajari kecenderungan pilihan pada kelompok pemilih kritis, SMRC melakukan serangkaian survei nasional melalui telepon dan di-update terakhir pada 8-10 Februari 2022. Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Dalam survei terakhir (8-10 Februari 2022), sampel sebanyak 1.268 responden dipilih secara acak dari populasi tersebut dengan metode double sampling dan random digit dialing. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon oleh pewawancara yang terlatih. Margin of error survei diperkirakan +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Survei telepon sebelumnya dilakukan secara rutin setiap minggu dalam dua tahun terakhir.

Gubernur Jawa Tengah Calon Presiden 2024.

Menurut Deni, dalam survei pada 8-10 Februari 2022, Ganjar unggul atas calon-calon presiden lainnya di kelompok pemilih kritis. Keunggulan Ganjar tersebut terlihat dalam berbagai simulasi pertanyaan: pilihan spontan (top of mind), simulasi semi terbuka 29 nama, simulasi tertutup 15 nama, simulasi tertutup 3 nama, hingga simulasi tertutup 2 nama

Dalam jawaban spontan, Ganjar di urutan teratas dengan dukungan 19,9% di pemilih kritis. Selanjutnya, Prabowo Subianto (10,4%) yang seimbang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (9,8%). Sementara, calon-calon lain mendapat dukungan spontan di bawah 4%, dan yang belum tahu 45,7%.

Lalu, dalam simulasi semi terbuka dengan 29 nama, Ganjar tetap di posisi teratas dengan dukungan 26,8%. Selanjutnya, Anies 13,9%, Prabowo 13,7%, Sandiaga Uno 5,8%, dan Ridwan Kamil 5,1%. Calon-calon lain di bawah 3%. Yang belum tahu 24%.

Dalam dua tahun terakhir, dukungan pemilih kritis kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 7,7% pada survei Mei 2020 menjadi 26,8% pada survei terakhir 8-10 Februari 2022,” papar Deni, “Sejak April 2021, Ganjar konsisten berada di urutan teratas, sementara Anies dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan posisi kedua setelah Ganjar.”

Penulis : Nirina  Ezra Soru

Sumber : Kanal Youtube SMRC

Ganesa ( Ganjar Untuk Indonesia Satu ) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Articles

Back to top button